Wednesday, June 17, 2020

Membersihkan pelapis sofa agar terhindar dari bakteri

Cara Membersihkan Pelapis Sofa Dari Berbagai Bahan


Setiap sofa memiliki bahan pelapis yang berbeda dan bahan pelapis sofa memiliki perawatan dan cara membersihkan yang berbeda juga. Cara membersihkan yang tidak tepat dapat mengakibatkan pelapis rusak atau terlihat kusam. Sofa kulit misalnya, untuk membersihkannya Anda tidak bisa sembarangan menyikat kotoran yang menempel pada pelapis sofa seperti yang dapat dilakukan pada sofa berbahan kain. Sebab, menyikat sofa berbahan kulit dapat menyebabkan kulit sofa retak atau pecah-pecah. Simak cara membersihka pelapis sofa dari berbagai bahan.
"Baca juga artikel tentang : cara membersihkan sofa bahan oscar."


Dari Bahan Kain


Cara yang mudah membersihkan sofa berbahan kain dengan menggunakan kemoceng atau mesin penyedot debu untuk membersihkan debu dan kotoran yang menempel di permukaan atau sela-sela kain. Jika terdapat bercak noda, Anda bisa menggunakan kain microfiber atau sikat berbulu halus yang telah dibasahi dengan sedikit cuka untuk membersihkan noda tersebut. Membersihkan kain sofa akan lebih mudah jika kain bisa dilepas dan dicuci dengan deterjen sehingga hasilnya lebih bersih dan wangi. Tunggu hingga benar-benar kering sebelum dipasangkan kembali ke sofa.Selanjutnya nikmati sofa kain Anda dalam keadaan bersih kembali.

\


Dari Bahan Kulit


Bersihkan debu dan kotoran yang menempel menggunakan kain lembab (dapat menggunakan kanebo) atau mesin penyedot debu untuk menjangkau area yang sulit dibersihkan seperti lipatan atau celah sofa. Kemudian oleskan kondisioner atau pelembab khusus bahan kulit untuk menjaga kualitas kulit sofa agar tidak mudah kering dan pecah-pecah. Sedangkan untuk membersihkan noda membandel seperti cairan tinta atau goresan, sebaiknya gunakan cairan khusus pembersih kulit sofa.
"Baca juga artikel tentang : cara membersihkan springbed dari noda, Disini!."

Dari Bahan Suede

Kain suede atau beludru membuat sofa Anda jadi terlihat lebih anggun dan mewah. Meski demikian, membersihkan sofa berbahan suede ternyata cukup rumit dibandingkan pelapis sofa lainnya.


Gunakan sikat khusus untuk bahan suede yang bisa Anda peroleh di toko terdekat untuk membersihkan debu yang menempel. Sikat secara perlahan dengan gerakan searah dengan serat untuk menghindari goresan atau kerusakan pada permukaan kain. Jenis material ini sangat rentan terhadap noda cairan dan minyak sebab dapat menyebabkan kain suede terlihat memudar. Maka untuk membersihkannya, gunakan cuka putih atau olesi tipis-tipis permukaan sofa dengan tepung maizena. Tepung ini terbukti ampuh menyerap noda. Kemudian bersihkan tepung yang menempel menggunakan sikat khusus tadi.

Furniture yang sering dijumpai di rumah manapun adalah sofa. Dan sofa merupakan salah satu perabot interior yang membutuhkan perawatan secara rutin. Dikarenakan frekuensi pemakaian yang tinggi membuat sofa rentan terkena debu dan kotoran yang tak hanya mengganggu penampilan sofa saja, tetapi juga beresiko membawa penyakit. Bahkan jika tidak pernah di bersihkan membuat umur dari sofa jadi pendek. Untuk saat ini anda tidak usah bingung untuk menentukan sofa dari bahan apa yang akan anda beli. Karena semua bahan pelapis sofa dapat di bersihkan yang harus di perhatikan kita harus mengerti karakter dari pelapis itu sendiri.

No comments:

Post a Comment

Cara menghilangkan noda yang sulit pada kayu mabel

1. Cara Mengosongkan Mebel Kayu dari Noda Air Tanda air atau noda air sering kali disebabkan oleh minuman tanpa darah, tumpahan atau piri...